Friday, March 29, 2019

[Cek Fakta] Hoaks Helikopter Jatuh di Tasikmalaya Bawa Uang Tunai Satu Kardus

Setelah ditelusuri, helikopter tersebut ternyata tidak tengah mengangkut uang. Fakta ini bisa dilihat dalam artikel di situs republika.co.id dengan judul 'Tak Ada Uang dalam Kardus di Helikopter yang Jatuh'.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Tasikmalaya Kompol Rikky Aries Setiawan menegaskan, kepolisian tak menemukan adanya uang di dalam kardus yang berada dalam helikopter yang kecelakaan pada Sabtu (16/3). Menurut dia, adanya foto-foto yang menunjukan sejumlah uang di lokasi helikopter jatuh adalah hoaks.

"Enggak ada itu. Hoaks," kata dia saat dihubungi, Senin (18/3).

Foto-foto uang pecahan Rp 100 ribu dalam jumlah banyak itu beredar di internet Selain foto uang, ada juga seorang yang sedang mengenakan kaus berlogo 01, yang menunjukkan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu.

Rikky mengatakan, foto-foto itu tidak benar. Menurut dia, kepolisian saat ini sedang dalam proses penyelidikan untuk menemukan pelaku penyebaran hoaks itu.

"Saya belum tahu (siapa orangnya), tetapi masih dalam penyelidikan," kata dia.

Sebelumnya, sebuah helikopter mengalami kecelakaan di kawasan perbukitan Situhiang, Desa Sirnaputra, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, pada Sabtu (16/3). Empat orang korban dalam kecelakaan itu berhasil selamat dan dilarikan ke rumah sakit.

Selain itu, helikopter tersebut bukan milik TKN Jokowi-Ma'ruf. Fakta ini sebagaimana diberitakan Liputan6.com dengan judul 'Kesaksian Warga Sesaat Sebelum Helikopter Jatuh di Tasikmalaya'.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Helikopter jenis BO-105 milik Air Transport Service jatuh di kawasan Situhiang, Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya, sekitar pukul 15.10 WIB Sabtu sore. Saat ditemukan, kondisi helikopter dengan registrasi PK-EAH itu patah di beberapa bagian.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (17/3/2019), saksi mata menuturkan, sesaat sebelum jatuh helikopter sempat berputar-putar. Akibat kecelakaan ini, empat penumpang heli naas tersebut selamat dan segera dievakuasi ke Rumah Sakit SMC Tasikmalaya.

"Helikopternya jatuh dan langsung ramai-ramai masyarakat datang ke lokasi. Ada tiga laki-laki dan satu perempuan, pilotnya itu selamat dan sudah kami evakuasi," kata saksi mata Eri Purwanto.

Sejauh ini, penyebab jatuhnya helikopter belum diketahui, namun salah satu penumpang yang sempat menumpang heli tersebut sebelum jatuh menyatakan helikopter dalam kondisi baik dan tidak ada gangguan.

Berdasarkan pemeriksaan rumah sakit, seluruh penumpang helikopter termasuk pilot dan kopilot dalam kondisi baik, akan tetapi pihak rumah sakit belum mengizinkan mereka pulang karena masih harus menjalani observasi lebih lanjut.

Let's block ads! (Why?)



March 29, 2019 at 04:15PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2CFOKTC
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment