Friday, March 29, 2019

Cara Menyulam untuk Pemula, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Cara menyulam yang paling penting adalah mengetahui jenis-jenis tusuk hias dan mengaplikasikannya. Berikut jenis-jenis tusuk yang dapat digunakan dalam teknik sulaman :

Tusuk jelujur

Tusuk jelujur adalah model tusukan yang paling mudah dan umum dalam tiap model jahitan. Tusuk jelujur memberi hasil akhir garis putus-putus.

Cara menyulan dengan tusuk jelujur adalah dengan melakukantusukan jarum dimulai dari bagian dalam kain kemudian keluar ke bagian luar kain. alu buat setikan dengan jarak yang sama dan lakukan secara berulang.

Tusuk tikam jejak

Tusuk tikam jejak memiliki hasil akhir sama seperti jahitan mesin. Bentuknya mirip dengan tusuk jelujur namun tanpa jarak. Tusuk ini biasa digunakan untuk menjahit pakaian robek, namun tusuk tikam jejak juga dapat digunakan dalam cara menyulam.

Tusuk silang

Seperti namanya, tusuk ini memiliki bentuk menyilang pada hasilnya. Tusuk ini biasanya digunakan untuk membuat sulaman kruistik. Cara membuat tusuk ini juga mudah yaitu dengan menusukkan jarum ke arah miring dari kiri atas ke kanan bawah kemudian masukkan lagi jarum dari kiri bawah ke kanan atas.

Tusuk Tangkai

Tusuk tangkai sering digunakan dalam teknik tusuk hias. Tusuk tangkai dilakukan dengan langkah mundur 1/2 cm dengan mengaitkan 5 atau 6 benang pada kain, lalu jarum ditarik keluar. Untuk menghasilkan tangkai yang lebih besar jarak tusukan dirapatkan dan mengaitkan kain lebih banyak.

Tusuk simpul

Tusuk simpul dilakukan dengan cara menarik benang dari bawah kain dan melingkarkan benang pada jarum. Motif yang ditampilkan dari teknik ini akan terlihat lebih jelas dan menonjol.

Tusuk Flanel

Tusuk flanel jug atermasuk dalam jenis tusuk hias. Cara menyulam dengan tusuk ini dimulai dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Tusuk rantai

Tusuk rantau dilakukan dengan cara menarik jarum dari bagian bawah kain dan jarum disisipkan kembali sampai jarum kembali ke permukaan.

Let's block ads! (Why?)



March 29, 2019 at 04:15PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2V22xv1
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment