Friday, March 29, 2019

Fungsi Pasar Secara Umum, Tidak Hanya untuk Tempat Jual Beli

Liputan6.com, Jakarta Fungsi pasar untuk masyarakat terutama masyarakat tradisional sangat penting karena pasar merupakan tempat atau lokasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di pasar, masyarakat bisa melakukan kegiatan jugal beli atau transaksi baik dalam bentuk barang maupun jasa.

Pasar juga merupakan salah satu tempat utama dalam perputaran roda perekonomian suatu negara. Saat ini banyak jenis pasar yang ada di berbagai tempat terutama di Indonesia sendiri.

Beberapa contoh jenis pasar antara lain adalah pasar tradisional, dan pasar modern. Pasar tradisional adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan ditandai dengan adanya transaksi secara langsung dan pembeli bisa melakukan proses tawar-menawar.

Pasar modern contohnya seperti supermarket dan minimarket. Pasar modern tidak melakukan transaksi secara langsung. Pembeli akan melihat label harga yang sudah ditentukan atau ditempel sebelumnya dan tidak bisa ditawar, kemudian pembeli akan membayarnya di kasir dengan atau dilayani oleh pramuniaga.

Namun jenis pasar di atas tidak lepas dari fungsi pasar secara umum yaitu, tempat berlangsungnya jual beli sebuah produk berupa barang atau jasa. Pasar juga pada dasarnya merupakan sebuah tempat di mana terdapat interaksi antara dua belah pihak atau lebih yang sama-sama memiliki tujuan.

Pembeli dengan tujuan untuk mendapatkan yang dia inginkan atau butuhkan, penjual dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan dengan menjual produknya.

Di atas merupakan fungsi pasar secara umum, dan masih banyak fungsi pasar lainnya. Untuk mengetahui fungsi pasar yang lainnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai fungsi pasar dari beberapa sumber, Jumat (29/03/2019).

Let's block ads! (Why?)



March 29, 2019 at 02:00PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2uHoMeh
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment