Thursday, May 2, 2019

Hikmah Ramadan bagi Umat Muslim hingga Predikat Takwa

Liputan6.com, Jakarta Ramadan adalah bulan yang mulia. Ramadan selalu ditunggu oleh umat Islam karena keistimewaannya yang tidak ada di bulan-bulan lainnya. Salah satunya adalah turunnya rahmat dan ampunan bagi siapa pun yang mengharapkan magfirah dari Allah SWT.

Bagi umat Islam yang taat, datangnya bulan suci Ramadan tidak boleh disia-siakan. Ramadan adalah kesempatan untuk meningkatkan kualitas ibadah, sebab dijanjikan pahala dari tiap ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan.

Bahkan, jika seluruh rangkaian ibadah di bulan suci Ramadan dilakukan dengan benar, Allah menjanjikan setiap muslim akan terlepas dari dosa-dosanya yang pernah dilakukan, sehingga ia kembali pada fitrahnya yang putih bersih.

Hal ini pernah diungkapkan Rasullah SAW. Baginda Rasullullah bersabda, “"Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari, 37. Muslim, 1266).

Oleh sebab itu, siapa saja yang hendak bersungguh-sungguh mendapatkan pahala dan diampuni dosanya, hendaknya ia mencari hikmah yang paling besar di balik bulan suci Ramadan.

Quraish Shihab mengatakan, puasa bertujuan untuk meraih ketakwaan. Apa kekurangan kita sebelum puasa, hendaklah diperbaiki sehingga keimanan makin meningkat.

Salah satunya tecermin dalam kewajiban niat yang oleh sebagian ulama harus dilaksanakan setiap hari sebelum terbitnya fajar. Niat dimaksudkan untuk bertekad melaksanakan puasa dengan aneka tuntunan dan sunah-sunahnya.

Selain itu, juga sekaligus melakukan intropeksi terhadap puasa yang telah kita lakukan kemarin. Apa kekurangannya untuk kita sempurnakan. Apa kebaikannya untuk kita tingkatkan?

Let's block ads! (Why?)



May 03, 2019 at 12:40AM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2ZSrGev
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment