Monday, April 1, 2019

Apakah Gajah Bisa Terbang Seperti di Film Dumbo? Ini Jawaban Ilmiahnya

Untuk mencapai posisi mendarat sempurna, Dumbo digambarkan harus terbang dengan kecepatan tinggi.

Namun, secara fakta, hal itu terlihat mustahil. Pasalnya, gajah Asia hanya mampu berlari kencang dengan kecepatan 15 mil per jam, atau setara 24 km/jam.

Fakta lain yang memupuskan bayangan tentang gajah terbang adalah karena hewan ini cenderung sebagai pengembara, dibandingkan pelari seperti cheetah.

Lebih dari itu, gajah juga tidak bisa melompat, dan hal itu dijelaskan dalam sosok Dumbo yang baru bisa terbang sempurna ketika berada pada bangunan tinggi tiruan di sirkus, dan tidak bisa mendarat selain dengan terjatuh.

Situs web Science Made Simple memiliki sebuah penghitungan unik. Dumbo adalah sekitar 10 kaki (setara 3,04 meter) dan akord, atau lebar, kira-kira 2 kaki (setara 0,6 meter). Cara menghitung area kepakan sayap adalah sebagai berikut:

10 x 2 = 20 kaki persegi, atau 1,85 meter persegi.

Seekor bayi gajah Asia memiliki berat sekitar 200 pon (sekitar 90,7 kg) ketika lahir, dan dapat menambah 2 atau 3 pon (setara 0,9 hingga 1,8 kg) per hari sampai berusia satu tahun.

Jika dikaitkan dengan film, maka kemungkinannya adalah Dumbo terbang pada usia kurang dari enam bulan, dengan berat badan sekitar 500 pon, atau sekitar 226 kilogram.

Untuk mengetahui beban sayapnya, Anda harus membagi beratnya dengan lebar sayap:

500 ÷ 20 = 25 pon per kaki persegi (sekitar 37 kg per meter).

Beban sayap ini hanya sedikit lebih kecil dari Douglas DC-3, sebuah pesawat dengan sayap berbaling tetap sebagai penggerak, yang harus melaju 200 mil per jam (sekitar 321 km/jam) untuk bisa terbang.

Let's block ads! (Why?)



April 01, 2019 at 09:02PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2TN9rTx
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment