Tuesday, April 2, 2019

PVMBG Ungkap Penyebab Gempa Magnitudo 5,0 di Sumenep

Kasbani menuturkan, gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami. Karena meskipun berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami.

Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini. Atas adanya peristiwa gempa bumi tersebut, PVMBG Badan Geologi merekomendasikan agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Tetapi tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil," ujar Kasbani.

Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa bumi terletak pada koordinat 114,6° BT dan 7,24° LS, dengan magnitudo 5,0 pada kedalaman 10 kilometer, berjarak 84 kilometer tenggara Sumenep, Jawa Timur. Gempa tersebut terdeteksi pula oleh The United States Geological Survey (USGS), Amerika, yang menginformasikan bahwa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 114,537° BT dan 7,212° LS, dengan magnitudo 4,6 pada kedalaman 21,3 kilometer.

Let's block ads! (Why?)



April 02, 2019 at 04:03PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2WEjzQc
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment