Wednesday, May 1, 2019

Kisah Cium Tangan Jokowi Saat bertemu Gus Dur

Hanya saja sebelum melakukan orasi, Gus Dur sempat diajak mampir terlebih dahulu ke rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung untuk melakukan dialog dengan bersama sejumlah tokoh, di antaranya terdapat KH Moeslim Rifa’i Imampuro atau yang akrab disapa Mbah Liem. Sebagai tuan rumah, Jokowi juga ikut mendampingi Gus Dur.

“Gus Dur kemudian kita ampirkan (singgah) ke Loji Gandrung dan ngobrol dengan sejumah tokoh, termasuk Mas Jokowi,” ujarnya.

Momen hangat tercipta dalam pertemuan itu. Gus Dur sempat bercerita tentang wayang Dewaruci. Di sela-sela itu datang Mbah Liem yang kini sudah wafat. Mbah Liem sempat berseru kepada Gus Dur untuk menjadi presiden lagi sambil menepuk punggung cucu KH Hasyim Asy’ari itu.

"Gus Dur jawabnya gini, ini kiai atau preman sih. kiai kok nepuki kayak gini, " kata Husein Syifa menirukan ucapan Gus Dur.

Gus Dur kemudian menanggapinya bahwa jadi presiden itu gampang. Bagi Gus Dur yang terpenting tiang Nusantara harus kokoh dulu.

"Siapapun yang jadi dikehendaki rakyat, termasuk Pak Jokowi ini, kalau  dia jadi wali kota yang bagus, kelak juga bisa jadi presiden jika semua syarat bisa terpenuhi,” kata Gus Dur saat itu

Mendengar pujian dari Gus Dur, Jokowi hanya mesem dan menunduk. "Tidak ada reaksi berlebihan dari Pak Jokowi, " kata Husein Syifa. Tapi ternyata perkataan Gus Dur itu akhirnya menjadi kenyataan ketika 2014 lalu Jokowi menangi pilpres melawan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa.

Husein Syifa pun menyakini antara orasi Gus Dur “Njejegake Sakaguru Nusantara”, Gus Dur yang menyakini Jokowi sebagai Presiden Indonesia yang diharapkan mampu untuk tetap menjaga sakaguru Nusantara, kebhinekaan, kebangsaan dan keindonesiaan yang dikaitkan peristiwa yang dialami sekarang ini.

“Peristiwa yang kita alami sekarang di mana politik identitas yang semakin menggerus pilar-pilar ke-Indonesiaan tidak berdiri sendiri,” ucapnya.

Let's block ads! (Why?)



May 02, 2019 at 12:02AM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2ITvc2Q
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment